Naik Kapal Feri Ke Singapura Yuk!

Selama ini negara Singapura menjadi salah satu tujuan favorit wisata orang Indonesia. Rasanya liburan tidak berkesan jika tidak pergi ke Singapura, entah sekedar jalan-jalan atau berbelanja. Kebanyakan orang Indonesia menjadikan negara Singapura sebagai negara yang memiliki prestise. Gengsi akan naik bila sudah mengunjungi negara Singapura, padahal di sana hanya berfoto selfie saja lalu kembali lagi ke Indonesia.

Sebenarnya, negara Singapura adalah negara kecil yang luasnya tidak lebih luas dari Jakarta, ibu kota Indonesia, namun berhubung Singapura adalah negara yang maju dan modern di Asia Tenggara, maka jadilah negara Singapura dijadikan acuan, terutama untuk berwisata dan berbelanja.

Negara Singapura sangat dekat dengan Indonesia, tepatnya Batam. Jarak dari Batam ke Singapura dapat ditempuh kurang dari setengah jam dengan kapal feri cepat. Bahkan, rute kapal feri Batam-Singapura dan sebaliknya adalah rute yang paling ramai dan sibuk di Indonesia. Selain Batam, Bintan juga dekat dengan Singapura, namun jaraknya lebih jauh dari Batam-Singapura. Banyak kapal feri cepat yang beroperasi di daerah ini, terutama kapal muatan penumpang dan barang. Mobilitas manusia di wilayah ini juga dimotivasi oleh berbagai faktor, utamanya adalah wisata, ekonomi, dan sosial.

Untuk menuju Singapura, kita bisa naik kapal feri di Batam Centre, pelabuhan Sekupang, Nongsa dan Harbour Bay. Untuk tiket, kita bisa beli langsung di counter penjualan tiket feri atau pesan online di situs penjualan tiket kapal laut online, id.easybook.com/tiket-kapal dengan harga yang lebih murah karena banyak menawarkan promo. Situs itu juga telah menjalin kerjasama resmi dengan pihak operator kapal feri cepat yang beroperasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Batam.

Saya pribadi lebih suka naik kapal feri melalui Batam Centre, karena jadwalnya cepat, hampir satu jam sekali ada kapal feri yang berangkat menuju Singapura. Jadi, kita tidak perlu menunggu berjam-jam. Naik kapal feri ternyata tidak seperti naik pesawat terbang di mana kita harus memilih tempat duduk dahulu. Kalau naik kapal feri, kita bebas memilih mau duduk di mana saja, asal nyaman. Meskipun begitu, semua penumpang dapat tempat duduk, karena tiket yang dijual sesuai dengan jumlah tempat duduk yang ada. Jadi, tidak seperti bus yang bahkan kita bisa berdiri kalau tidak dapat tempat duduk.