Tips Aman Ke Luar Kota

Entah karena pertemuan keluarga besar, urusan bisnis, atau traveling, setiap orang pergi ke luar kota paling tidak sekali dalam setahun. Walau secara sekilas pergi ke luar kota atau berkunjung ke sudut lain kota yang sama tampak berbeda hanya dalam hal jarak, sebenarnya tidak demikian, terutama dalam hal persiapan. Ada begitu banyak hal yang perlu dipikirkan jauh sebelum hari H. Bahkan, selama perjalananpun, Anda akan disarankan untuk mengaplikasikan beberapa tips demi keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Faktor terbesar yang menentukan keamanan dan kenyamanan suatu perjalanan terletak pada persiapan. Karenanya, jangan anggap remeh hal-hal kecil berkenaan dengan perjalanan Anda, seperti daftar bawaan Anda atau obat-obatan penunjang kesehatan Anda. Mari kita simak beberapa tips penting untuk perjalanan ke luar kota yang aman menggunakan bus.

  1. Survey bus/sewa mobil
    Lakukan survey harga dan kualitas pelayanan bus melalui berbagai referensi, seperti saudara, rekan kerja, internet, atau langsung mendatangi/menelepon agen resmi bus tertentu. Atau langsung datangi tempat penyewaan mobil di easybook jika mau menyewa mobil dengan murah.
  2. Pesan tiket di agen
    Hubungi agen pemesanan tiket bus resmi untuk mengetahui ketersediaan tiket menuju tempat tujuan pada waktu tertentu. Untuk pemesanan yang nyaman, hindari membeli tiket dari agen di terminal karena calo bisa menjadi sangat memaksa pada musim-musim tertentu. Biasanya agen tidak resmi akan menaikan harga tiket 5-15ribu rupiah.
  3. Pesan lebih awal
    Pesan tiket langsung dari agen paling tidak sehari sebelum keberangkatan. Hal ini juga memudahkan Anda untuk fokus pada barang bawaan pada saat keberangkatan, dan Anda juga bebas resiko kehabisan tiket bus.
  4. Buat daftar bawaan
    Hal ini sering dianggap remeh karena dianggap terlalu membuang waktu. Padahal, dengan membuat daftar yang detail, Anda sudah menghemat pikiran dan tenaga untuk mengingat kembali barang apa yang sudah atau belum di-packing. Daftar ini juga menjadi pengingat Anda untuk tidak membawa barang terlalu banyak. Buatlah daftar dengan pengkategorian barang-barang berdasarkan tingkat urgensinya atau fungsinya.
  5. Siapkan obat-obatan
    Kotak obat darurat adalah sebuah keharusan dalam setiap perjalanan. Beberapa obat yang harus ada adalah betadine, perban, plester, obat pusing, obat masuk angin, obat mual, minyak kayu putih, dan obat beresep dokter jika diperlukan. Selain itu, siapkan supplemen makanan atau multivitamin yang bersifat immune booster untuk menjaga badan tetap fit.
  6. Konsultasikan vaksinasi
    Adalah bijak untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai kebutuhan vaksin, selain obat, sebelum bepergian karena hal ini dapat membantu pencegahan penyakit. Perlu Anda ketahui, saat melakukan perjalanan, Anda berisiko tertular banyak penyakit seperti typhoid, malaria, hepatitis, dan demam dengue.
  7. Siapkan bekal makanan dan minuman
    Makanan atau minuman yang Anda beli atau terima selama perjalanan belum tentu terjamin kebersihannya. Oleh karena itu, jika pencernaan Anda tergolong sensitif, bawalah bekal makanan atau minuman seperlunya dari rumah. Sedikit repot, namun Anda bebas risiko terkena penyakit.
  8. Gandakan keamanan rumah
    Jika terjadi sesuatu pada rumah Anda, Anda tidak dapat pulang segera. Karenanya, tingkatkan keamanan rumah dengan kunci ganda atau alarm maling. Berikan nomer seluler Anda pada tetangga untuk menghubungi Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada rumah Anda.
  9. Batasi uang tunai
    Selain tidak praktis, membawa terlalu banyak uang tunai dalam perjalanan ke luar kota tidaklah aman. Manfaatkanlah uang elektronik untuk belanja, atau ATM yang tersebar di banyak tempat untuk mengambil uang tunai dalam jumlah kecil.

Dengan melakukan kesembilan tips di atas, Anda akan mendapatkan pengalaman perjalanan ke luar kota yang aman dan nyaman, sendiri atau bersama keluarga.