Tips Naik Bus Malam Jakarta Jogja

bus jakarta jogja

Traveling menggunakan moda transportasi bus memang sangat menyenangkan karena Anda akan mengalami pengalaman yang berbeda di setiap kesempatan. Selain itu, moda transportasi umum ini sangat cocok untuk travelers yang menyukai perjalanan darat yang dinamis dan penuh tantangan. Moda transportasi ini menjangkau hampir semua tempat di pelosok negeri, khususnya Pulau Jawa. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencicipi perjalanan penuh petualangan dengan moda transportasi ini ke salah satu tempat wisata favorit sekaligus destinasi honeymoon murah meriah di Pulau Jawa, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta.

Perjalanan dengan bus Jakarta Jogja pada umumnya adalah perjalanan malam dengan durasi kurang lebih 12 jam. Tanpa persiapan yang matang secara fisik maupun mental, perjalanan ini tidak akan senyaman yang orang katakan meski Anda menggunakan bus kelas VIP, EXE (Eksekutif), atau SE (Super Eksekutif). Karenanya, perhatikan beberapa tips di bawah untuk memastikan Anda akan mendapatkan pengalaman manis menuju Kota Pelajar.

Sebelum Perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan malam menuju Jogja, Anda akan dihadapkan pada beberapa persiapan vital mulai dari pembelian tiket hingga pengecekan barang bawaan. Persiapan yang perlu Anda perhatikan meliputi:

  1. Memilih Bus
    Pilihlah PO perjalanan malam yang memiliki reputasi yang baik dan armada bus yang baik dan terawat berdasarkan rekomendasi saudara, teman, atau pengguna bus lain contohnya PO Zentrum. Jika budget memungkinkan, pilihlah kelas Eksekutif atau Super Eksekutif daripada kelas bisnis, VIP, atau patas karena kenyamanan dan pelayanan jauh lebih baik. Biasanya di dalam bus ini tersedia WiFi, namun lemot, jadi bisa dilihat cara mempercepat koneksi wifi dulu sebelum naik bus supaya tidak bete.
  2. Memesan dan membeli tiket
    Belilah tiket bus minimal 2 hari sebelum hari keberangkatan, atau minimal 4 hari sebelum keberangkatan di musim liburan. Percayakan pemesanan tiket bus Jakarta Jogja online atau di agen resmi, bukan di calo, karena selisih harga bisa mencapai lebih dari 100%. Simpan baik-baik bukti pemesanan, entah dalam bentuk kwitansi pembayaran atau tiket asli.
  3. Persiapkan jaket, bekal, obat-obatan, dan uang pecahan kecil
    Berada di bus ber-AC selama lebih dari 10 jam, tubuh Anda akan mengalami kelelahan dan stress. Selama perjalanan, buatlah diri Anda nyaman dengan jaket yang nyaman untuk menghindari dingin pagi yang menusuk demi suhu tubuh tetap stabil. Jaga stamina tubuh dari dalam dengan konsumsi supplemen peningkat imun tubuh atau vitamin C. Jangan biarkan badan terlalu haus atau lapar selama perjalanan dengan asupan makanan ringan atau minuman secara berkala. Jika Anda tidak yakin dengan kebersihan toilet bus, persiapkan uang pecahan dua ribuan untuk biaya toilet selama di pemberhentian.
  4. Kemas bawaan dengan rapi
    Hendaknya Anda memuat semua barang dalam satu tas berukuran sedang yang dapat Anda letakan di kaki, bagasi atas, atau bawah tempat duduk. Pisahkan barang berharga seperti dompet, selular, atau laptop di tas kecil terpisah yang dapat Anda bawa saat turun makan atau ke toilet. Jika Anda membawa barang dalam bentuk tas besar atau kardus, minta kode bagasi dari driver assistant dan simpan kode tersebut sementara driver assistant meletakan barang Anda di bagasi.
  5. Datang 30 menit sebelum jadwal keberangkatan
    Jika karena suatu hal Anda terpaksa terlambat, pastikan Anda menghubungi agen tempat Anda membeli tiket dan meminta kompensasi waktu untuk menunggu.

Selama Perjalanan
Selama kurang lebih 12 jam perjalanan Jakarta Jogja, ikuti tips berikut untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman.

  1. Pakailah fasilitas sebagaimana mestinya
    Tergantung kelas bus Anda, Anda akan mendapatkan fasilitas bantal, selimut, sandaran kaki (leg rest), Wi-Fi, colokan listrik di kursi, atau snack. Gunakanlah bagian Anda sendiri demi menjaga kenyamanan penumpang lain.
  2. Manfaatkan waktu berhenti
    Biasanya, bus malam Jakarta Jogja akan berhenti sebanyak dua kali untuk makan malam dan solat subuh selama 15 – 30 menit. Manfaatkan waktu tersebut untuk berdiri, berjalan-jalan, atau melakukan peregangan kecil.
  3. Usahakan tidur dengan nyaman
    Sangat sulit untuk tidur nyaman di dalam kendaraan yang bergerak, namun hal ini dapat diusahakan. Tutup kaca atau hordeng agar tidak terganggu dengan kilatan cahaya dari kendaraan lain. Rebahkan kursi dan naikan sandaran kaki sesuai kebutuhan, tanpa mengganggu penumpang lain. Selain itu, hindari memilih tempat duduk terdepan atau yang dekat dengan ban.

Itulah tips untuk melakukan perjalanan malam dengan bus dari Jakarta ke Jogja. Pastikan Anda tidak melewatkan salah satunya demi memastikan kenyamanan dan keamanan perjalanan Anda.